Rabu, 08 Februari 2012

HADITS “AKU KOTA ILMU DAN ALI PINTUNYA”


أَناَ مَدِيْنَةُ الْعِلْمِ وَعَلِيٌ باَبُهَا، فَمَنْ أَرَادَ الْعِلْمَ فَلْيَأْتِهِ مِنْ بَابِهِ

Aku kota ilmu dan Ali pintunya, barangsiapa yang menginginkan ilmu maka hendaklah dia mendatangi ilmu tersebut dari pintunya”.

Maudhu’ (hadits palsu)

Hadits ini diriwayatkan Ibnu Jarir Ath-Thabari di dalam “Tahdzibul Atsar”, Ath-Thabarani di dalam “Al-Mu’jamul Kabir 3/108/1″, Al-Hakim 3/126, Al-Khathib di dalam “Tarikh Baghdad 11/48, Ibnu Asakir “Tarikh Dimasyq 12/159/2



Sanad hadits
Hadits ini melalui jalur seorang rawi yang bernama Abu Shult Abdus Salam Al-Harawi.

Berkata Adz-Dzahabi di dalam kitabnya “Adh-Dhu’afa’ wal Matrukiin”: “Dia tertuduh sebagai pemalsu hadits“.

Berkata Abu Zur’ah: “Tidak kokoh“.

Berkata Ibnu ‘Adi: “Tertuduh“.

Dan ulama’ lainnya berkata: “rafidhi (beraqidahkan syi’ah rafidhah)“.

Berkata Al-Hafidz Ibnu Hajar: “dia adalah seorang yang shaduq, meriwayatkan hadits-hadits munkar, dan terkena pengaruh syi’ah, Al-Uqaili berlebihan ketika mengkritiknya sebagai Kadzdzab (pendusta)”.



Matan (kandungan) hadits

Berkata Yahya bin Ahmad bin Ziyad: “Aku bertanya kepadanya (Ibnu Ma’in) tentang hadits yang diriwayatkan dari jalur Abu Shulth dari Abu Mu’awiyah dari A’masy: haditsnya Ibnu ‘Abbas (hadits diatas)? Maka Ibnu Ma’in mengingkari hadits tersebut“. (dikeluarkan oleh Al-Khathib)

Berkata Ibnu Qudamah di dalam kitabnya “Al-Muntakhib 10/204/1): “Hadits dusta tidak ada asalnya“.

Berkata Ibrahim bin Junaid: Yahya bin Ma’in pernah ditanya tentang Umar bin Ismail bin Mujalid bin Sa’id? Dia menjawab: “Pendusta, dia juga meriwayatkan dari Abu Mu’awiyah dari A’masy: (yaitu hadits) Aku kota ilmu dan Ali pintunya…..”. hadits ini dusta tidak ada asalnya.



* hadits ini diriwayatkan dari beberapa sanad yang kesemuanya palsu sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnul Jauzi rahimahullah.



Dari penjelasan para ulama’ pakar hadits diatas kiranya cukup bagi kita untuk mengetahui bahwa hadits tersebut palsu tidak dapat dijadikan sandaran hukum. Wallahu a’lam

http://haulasyiah.wordpress.com/2007/07/26/hadits-aku-kota-ilmu-dan-ali-pintunya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar