Senin, 07 November 2011

Fasilitas Baru Segera Dibangun Di Mina

07/11/2011 10:52 Liputan6.com, Mekkah: Jelang berakhirnya serangakaian ibadah haji tahun ini, Pemerintah Arab Saudi terus mengevaluasi pelaksanaan haji untuk perbaikan di musim berikutnya. Baru - baru ini, seperti diwartakan Saudigazette.com, Pemerintah Saudi berencana membangun gedung bertingkat di Mina.

Wakil Kementerian Urusan Kota dan Pedesaan Arab Saudi Dr. Habeeb Zain Al-Abideen mengatakan, proyek ini akan melibatkan Kementerian Urusan Haji. Rencananya, pembangunan meliputi gedung bertingkat yang akan berdiri di lereng Gunung Mina dan tenda-tenda penginapan bertingkat dengan proses pembangunan selama tiga sampai lima tahun ke depan.

Diharapkan kedua proyek itu dapat menampung 1,5 juta jemaah yang totalnya mencapai tiga juta orang di Mina. Selain itu, infrastruktur lain pun akan disediakan, seperti trotoar, jalan raya, dan stasiun kereta api.

"Perusahaan-perusahaan multinasional akan diminta untuk ikut tender dalam proyek ini," ungkap Zain. "Diharapkan proyek ini akan didanai oleh Organisasi Umum Asuransi Sosial (GOSI)," tambah Al-Abideen.

Para Dewan Ulama Senior setempat akan mempelajari dan memberikan rincian lengkap dari semua desain yang dibutuhkan. "Pusat akan meluncurkan studi lapangan yang komprehensif menangani semua kekurangan yang berhubungan dengan penginapan, lalu lintas, dan kepadatan di Mina", ujar Kepala Deputi Penjaga Dua Masjid Suci Haji Pusat dan Penelitian Bidang Akademik Dr Muhammad Abdullah Idris.

Ia menambahkan, pihaknya akan melibatkan berbagai peneliti ahli dari berbagai studi ilmu dan 30 spesialis dari berbagai instansi pemerintah. Saat ini pusat telah menyerahkan sepuluh hasil studi ke Raja Abdullah dan penjaga dua masjid suci untuk mendapatkan persetujuan akhir.(ULF)



http://berita.liputan6.com/read/361707/fasilitas-baru-segera-dibangun-di-mina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar