Minggu, 13 November 2011

Saudi Perketat Aturan Soal Air Zamzam

12/11/2011 11:54 Liputan6.com, Jeddah: Kerajaan Arab Saudi pada tahun ini mengeluarkan aturan tidak memperbolehkan siapapun membawa air zamzam ke luar negeri. Terutama air zamzam yang tidak dikemas secara khusus oleh Maktab Zamazimah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Syairozi Dimyati, saat rapat dengan rombongan kedua Tim Pengawas Haji Komisi VIII DPR, di Kantor Konsulat Jenderal di Jeddah, Jumat (11/11).

Kementerian Haji Arab Saudi menjelaskan, lanjut Syaizori, terdapat sebuah kajian di Eropa bahwa air zamzam sudah tercemar. "Untuk menjaga nama baik Kerajaan dan juga umat Islam. Air zamzam tersebut tidak boleh dibawa keluar kecuali yang dikemas Maktab Zamazimah," paparnya.

Aturan itu sudah diberlakukan tahun ini dan Indonesia seharusnya juga mengikuti aturan tersebut. Namun, Syairozi mengaku telah meminta dispensasi kepada Kementrian Haji, karena Garuda sudah kontrak dari jauh-jauh hari memesan air zamzam kepada sebuah perusahaan dan sudah di-package untuk diberikan kepada jamaah haji setibanya di Tanah Air. Begitu juga dengan Saudia Airline. Akhirnya dispensasi itu diberikan untuk tahun ini dan aturan tersebut baru akan diterapkan pada tahun depan.

Hanya saja terdapat sebuah peristiwa, jamaah dari kloter I JKS dan SUB yang menyelipkan air zamzam di koper mereka yang akan dimasukkan ke bagasi pesawat. Setelah dicek xray ketahuan. Akhirnya ratusan koper tersebut dibongkar paksa, disaksikan Kadaker Jeddah, Ahmad Abdullah, dan beberapa petugas lain. (Kemenag/ARI)

http://berita.liputan6.com/read/362561/saudi-perketat-aturan-soal-air-zamzam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar