Rabu, 08 Februari 2012

Arab Saudi Buru Jurnalis Penghina Nabi Muhammad

MEKKAH - Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz memerintahkan penangkapan terhadap seorang jurnalis yang dituduh mencemarkan nama baik dan menghina Nabi Muhammad.

Raja memerintahkan penangkapan menyusul kecaman dari masyarakat mengenai tulisan dari Hamza Kashgari. Semua tulisan yang dihasilkan dimuat sebuah suratkabar lokal, dianggap telah menghina Nabi Muhammad dan Islam.

"Kerajaan hari ini memerintahkan penangkapan dan akan mengadili Kashgari atas tindakannya yang menghina Nabi Muhammad," jelas pernyataan Saudi Press Agency seperti dikutip Emirates247, Rabu (8/2/2012).

"Perintah (penangkapan) dikeluarkan setelah banyak akademisi, bangsawan dan rakyat mengirim pesan kepada pihak kerajaan. Mereka menilai tindakan Kashgari amat memalukan," imbuh pernyataan itu.

Pada Selasa 7 Februari lalu, Menteri Informasi Arab Saudi Abdul Aziz Khowja memerintahkan surat kabar dan majalah di negara itu untuk tidak memuat tulisan Kashgari. Pemerintah Arab Saudi menilai artikel yang ditulisnya mengandung hinaan terhadap Islam.

Setelah perintah itu keluar, banyak suratkabar Arab Saudi memuat pernyataan maaf Kashgari yang dimuat dalam akun Twitter miliknya.

Kashgari sendiri saat ini diketahui sudah keluar dari Arab Saudi menuju sebuah negara di Asia Timur, melalui Yordania dan Uni Emirat Arab. Tidak dijelaskan negara mana yang ditujunya. (faj)

http://international.okezone.com/read/2012/02/08/412/571950/arab-saudi-buru-jurnalis-penghina-nabi-muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar